ID
Flu dan batuk membuat aktivitas seseorang terganggu. Foto: Shutterstock

Tujuh Cara Mencegah Flu dan Pilek saat Musim Hujan

20 Februari 2018 14:52

Jakarta: Tubuh yang sehat dan kuat adalah dambaan semua orang, sehingga ketika tubuh terasa bugar, aktivitas akan berjalan lancar. Namun rutinitas Anda bisa terganggu karena berbagai hal, salah satunya penyakit flu dan pilek, apalagi saat musim hujan.

Dokter penyakit menular dari Mayo Clinic Rochester, Minnesota, Amerika Serikat, Pritish Tosh, menjelaskan bahwa pilek dan flu adalah penyakit pernafasan yang disebabkan oleh virus. Berikut ini ada beberapa cara praktis untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh yang efektif menangkal penyakit musiman tersebut, antara lain:

1. Vaksin
Cara yang pertama dan paling penting untuk menangkal flu adalah dengan mendapatkan vaksin. Pemberian vaksin ini baik dilakukan sebelum flu maupun pilek tersebut bertambah parah.

2. Jaga kebersihan
Anda harus tetap menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Hal ini dikarenakan virus dan flu masuk ke tubuh kita melalui hidung, mata, mulut, dan tangan yang terkontaminasi. Sebelum dan sesudah makan sebaiknya cuci tangan menggunakan sabun. Kegiatan ini memungkinkan tangan kita bersih dari kuman dan terhindar dari virus.

3. Hindari teman yang flu
Jangan terlalu dekat dengan orang yang sudah terkena flu dan pilek agar terhindar dari penyakit yang sama. Termasuk teman yang sekamar, sebaiknya jangan terlalu dekat.

4. Hindari dehidrasi
Menjaga cairan yang cukup di dalam tubuh memungkinkan sirkulasi darah lebih leluasa. Minum delapan gelas sehari juga disarankan. Selain itu rutin makan sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, jeruk dan lainnya. Serta hindari minuman yang mengandung alkohol.

5. Perbanyak Sayuran Hijau
Musim flu bukanlah saatnya untuk mengurangi porsi harian sayuran hijau, lemak sehat, dan biji-bijian. Keseimbangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dari makanan bernutrisi tinggi juga membantu menjaga kekebalan tubuh dalam kondisi prima.

6. Olahraga
Disarankan untuk melakukan olahraga teratur yang bisa bermanfaat baik bagi tubuh serta membuat Anda cenderung tidak sakit. Sebaiknya Anda bisa melakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya.

7. Dilarang merokok
Merokok mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas dan bawah serta membuat kita lebih mungkin terkena infeksi seperti flu dan pilek.

Anda bisa menjalankan tujuh tips di atas untuk menghindari flu dan pilek di cuaca ekstrem ini. Hal tersebut berlaku bagi siapa saja yang tak ingin rutinitas hariannya terganggu oleh dua penyakit ini.

Apalagi bagi Anda yang melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi dan memerlukan kekuatan fisik yang prima. Katakan saja pekerja yang mengharuskan dirinya pulang pergi ke luar kota, tim event organizer, seniman, begitu juga dengan seorang atlet. 


ROS

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA