Official Website Sean Gelael and Formula 2 Livestream | Watch Formula 2 Live Here

News

8 Manfaat Olahraga Pagi Selain Menyehatkan

(Foto:Shutterstock)
Jakarta: Akibat padatnya jadwal kegiatan, sebagian orang yang hidup di kota besar memilih berolahraga pada sore atau malam hari, sepulang beraktivitas.

Dibandingkan sore atau malam, berolahraga pada pagi hari memberikan lebih banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

1. Mengonsumsi Lebih Sedikit Kalori

Dikutip Shape.com, peneliti dari Universitas Brigham Young menemukan bahwa berolahraga pada pagi hari akan membuat Anda kurang berhasrat makan. Hasil penelitian yang dipublikasi di jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise menganalisis aktivitas otak wanita saat melihat gambar makanan dan bunga, yang berfungsi sebagai kontrol. Wanita yang berolahraga selama 45 menit pada pagi hari kurang bersemangat melihat gambar makanan lezat dibandingkan mereka yang tidak olahraga. Mereka yang senam pagi juga tidak mengonsumsi lebih banyak makanan daripada kelompok lainnya sepanjang hari.

2. Aktif Sepanjang Hari

Jika berolahraga pada pagi hari, Anda akan terdorong untuk terus bergerak sepanjang hari. Peneliti Universitas Bringham Young juga menemukan dalam penelitian yang sama bahwa orang yang bekerja di pagi hari lebih aktif dibandingkan yang tidak.

3. Membakar Lebih Banyak Lemak

Sarapan atau tidak sarapan pagi sebelum berolahraga? Pertanyaan itu telah lama diperdebatkan di bidang kesehatan dan kebugaran. Sebuah studi yang dilakukan British Journal of Nutrition tahun 2013 menemukan bahwa berolahraga dengan perut kosong dapat membakar lemak sebanyak 20 persen lebih banyak daripada ketika Anda makan terlebih dahulu. 

4. Menurunkan Tekanan Darah

Dalam sebuah penelitian di Appalachian State University, para peneliti meminta peserta studi lari di atas treadmill selama 30 menit pada tiga waktu yang berbeda dalam sehari, pukul 7 pagi, 1 siang, dan 7 malam. Mereka yang lari di pagi hari tekanan darahnya berkurang hingga 10 persen, penurunan yang berlanjut sepanjang hari dan menurunkan bahkan lebih (hingga 25 persen) di malam hari. 

Sebagian besar serangan jantung terjadi pada pagi hari, sehingga para peneliti menduga olahraga mungkin bisa menjadi tindakan pencegahan.

5. Tidur Malam Lebih Nyenyak

Tidur lebih nyenyak merupakan salah satu dari banyak manfaat olahraga pagi. National Sleep Foundation mengatakan, berolahraga malam hari dapat meningkatkan suhu tubuh dan menstimulasi tubuh, yang dapat membuat tidur lebih sulit. Sebaliknya, berolahraga pagi hari akan membuat tidur malam lebih nyenyak, lebih lama, dan lebih berkualitas.

6. Melindungi dari Diabetes

Berolahraga saat perut kosong terbukti melindungi diri dari intoleransi glukosa dan resistensi insulin, yang merupakan ciri dari diabetes tipe 2. Demikian hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiology. Dalam penelitian enam minggu, peserta yang berolahraga tanpa makan terlebih dahulu, menunjukkan peningkatan toleransi glukosa dan sensitivitas insulin, serta tidak mengalami kenaikan berat badan dibandingkan mereka yang makan karbohidrat sebelum dan selama latihan. 

7. Lebih Efektif Membentuk Otot

Saat bangun pagi, kadar testosteron Anda berada di puncak. Kondisi itu menurut National Institute for Fitness & Sport, membuat pagi hari menjadi saat yang tepat untuk memulai latihan beban karena tubuh berada dalam mode pembentukan otot utama.

8. Menjadi Terbiasa Berolahraga

Sebuah studi baru-baru ini yang dipublikasikan di Health Psychology menemukan bahwa olahraga paling konsisten adalah mereka yang membuatnya menjadi kebiasaan. Bangun pagi dan berlatih sebelum memulai aktivitas harian, akan membuat Anda cenderung berolahraga secara teratur. Dengan demikian Anda akan memetik semua manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kekebalan tubuh, umur panjang, dan suasana hati yang lebih baik.

ROS
Share this Post:

Related Posts:

Our Partner