Official Website Sean Gelael and Formula 2 Livestream | Watch Formula 2 Live Here

News

Tips Aman Berkendara saat Hujan Lebat

Foto: Shutterstock
Jakarta: Hujan yang sangat deras membuat pemandangan pengemudi menjadi terganggu ketika sedang mengendarai mobil. Kondisi jalan yang licin dan terbatasnya jarak pandang kerap menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Namun bukan berarti ketika hujan lebat membuat Anda menjadi takut untuk mengendarai mobil. Instruktur Pengawas di D&D Driving School, Inc, Brent Praeter memberikan tips mengemudi dengan aman ketika sedang hujan

1. Tetap Fokus

Para pengemudi kerap kali kurang cermat ketika sedang hujan. Pemandangan terganggu dan jalanan semakin licin, namun tetaplah bekendara dengan kecepatan rata-rata. Sangat penting pengemudi tetap waspada dan fokus pada kondisi di sekeliling.

2. Hidupkan Lampu Utama

Hujan yang sangat lebat membuat pandangan pengemudi sangat terganggu. Nyalakan lampu utama untuk memberikan tanda kepada pengemudi lain di belakang maupun depan Anda bahwa ada kendaraan di sekitarnya sehingga dapat menjaga jarak. Semua negara mewajibkan peraturan ini dan tertuang dalam undang-undang lalu lintas.

3. Matikan Fitur Cruise Control

Pada permukaan jalan yang licin, fitur cruise control malah dapat menyebabkan Anda kehilangan kendali. Sebaiknya, matikan fitur ini ketika sedang hujan lebat.

4. Waspadai Hydroplanning

Hydroplanning merupakan istilah teknis saat ban kendaraan Anda mendapatkan banyak daya tarik pada lapisan air di jalan. Kondisi ini menyebabkan mobil Anda meluncur tak terkendali. Yang Anda perlu lakukan adalah menjaga kecepatan lebih dari 35 mil per jam. Lepaskan pedal gas perlahan, dan kemudi lurus sampai Anda kembali memegang kendali.

5. Pelan-Pelan

Mengemudi dengan kecepatan yang terbatas sangat disarankan untuk menghindari berbagai risiko yang tidak diinginkan.
ROS
Share this Post:

Related Posts:

Our Partner