ID
Penting untuk menjaga tubuh selalu dalam keadaaan bugar. Foto: Shutterstock

7 Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit

28 Februari 2018 11:27

Jakarta: Melakukan aktivitas harian dengan rasa lesu dan tidak penuh percaya diri merupakan salah satu faktor tubuh Anda sedang tidak fit. Alhasil seluruh pekerjaan yang Anda lakukan pada hari itu tidak memberikan hasil maksimal.

Penting untuk menjaga tubuh selalu dalam keadaaan bugar. Selain energi positif yang didapat, Anda juga bisa menularkannya kepada orang lain. Anda menjadi merasa lebih percaya diri.

Ini adalah hal-hal kecil yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk bertambah menjadi sehat dan bugar seperti dilansir Livestrong.com.

1. Konsumsi Makanan Segar
Konsumsi sebanyak mungkin buah segar, sayuran, dan biji-bijian. Hindari makanan olahan dan yang mengandung garam berlebih. Kedua hal itu bisa mempengaruhi berat badan bertambah.

2.  Konsumsi Protein
Sertakan sumber protein dalam menu makanan sehat Anda seperti ayam, ikan, tahu, dan kacang-kacangan. Makanlah makanan seimbang dan jangan makan berlebihan.

3. Jangan Lupakan Sarapan
Sarapan yang sehat memulai hari Anda dengan benar. Dengan sarapan membuat Anda memiliki energi dan bahan bakar untuk kinerja mental dan fisik yang optimal.

4. Minum Air Putih
Air putih merupakan minuman terbaik dan paling sehat untuk menjaga kesehatan tubuh. Air putih adalah pembersih paling alami untuk organ dan sistem pencernaan kita. Menjadi terhidrasi sangat penting bagi otak dan juga membantu mengeluarkan racun keluar melalui keringat dan urin.

5. Tidur yang Cukup
Tidur mempengaruhi kesehatan fisik dan mental kita secara luar biasa. Namun banyak dari kita tidak mendapatkannya secara cukup. Kurang tidur mempengaruhi metabolisme, mood, konsentrasi, daya ingat, keterampilan motorik, hormon stres, dan bahkan sistem kekebalan tubuh serta kesehatan kardiovaskular.

6. Olahraga Teratur
Olahraga penting untuk menjadi bugar dan sehat. Olahraga kardio misalnya, dapat membantu memperkuat jantung dan paru-paru. Angkat beban membantu memperkuat otot dan peregangan. Secara umum olahraga meningkatkan sirkulasi dan kesadaran tubuh. Olahraga juga dapat membantu mengatasi depresi.

7. Konsisten
Anda perlu melakukannya secara konsisten dari poin-poin yang disebutkan di atas. Perlu ada proses untuk melakukan suatu perubahan. Jangan terlalu banyak melakukan perubahan sekaligus atau Anda akan berisiko kambuh kembali ke kebiasaan lama.


ROS

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA