ID
Sudah banyak kasus kecelakaan akibat kantuk dan umumnya terjadi di jalan tol pada tengah malam. Foto: Shutterstock

7 Cara agar Tetap Fokus Menyetir

27 Februari 2018 11:08

Jakarta: Menyetir mobil selama seharian penuh bisa membuat Anda jenuh dan bahkan menimbulkan rasa kantuk. Hal ini tentu saja bisa sangat berbahaya.

Menyetir dalam keadaan kantuk bukan hanya merugikan diri sendiri tetapi juga orang lain. Sudah banyak kasus kecelakaan akibat kantuk dan umumnya terjadi di jalan tol pada tengah malam.

Anda harus tetap fit dan fokus selama menyetir. Simak caranya, berikut ini.

1. Tetap Terhidrasi
Minum banyak air membantu menjaga suhu tubuh tetap dingin dan mencegah Anda merasa lesu dan mengantuk. Semakin dingin air yang diminum, semakin baik.

2. Camilan Sehat
Lupakan permen dan keripik kentang. Sebaiknya ganti dengan makanan padat protein seperti kacang almond, biji dan buah. 

3. Mengunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet dapat membuat otak tetap aktif dan pikiran tetap terjaga. 

4. Tertawa
Mendengarkan stand-up komedi di radio atau hal lainnya yang membuat Anda tertawa. Tertawa juga membantu otak tetap fokus. Mengemudi sambil tertawa membuat mata tetap terbuka.

5. Bernyanyi
Mayoritas orang senang bernyanyi sambil mengemudi. Upaya ini bagus untuk meningkatkan konsentrasi ketika sambil mengemudi.

6. Menghirup Aroma Segar
Sedupan minyak yang menyegarkan seperti peppermint, grapefruit, atau bahkan eucalyptus akan membantu merangsang sistem saraf otak agar Anda tetap waspada.

7. Hidupkan AC
Suhu yang sejuk membuat Anda menjadi nyaman dan mudah kantuk. Sebaliknya suhu yang sangat dingin atau sangat panas dapat membantu mencegah rasa kantuk.  


ROS

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA