ID
Penting untuk menjaga Anda tetap fokus selama menyetir agar terhindar dari kecelakaan.  Foto: Shutterstock

Cara Meminimalkan Risiko Kecelakaan saat Mengemudi

27 Februari 2018 11:53

Jakarta: Penyebab kecelakaan lalu lintas pada umumnya akibat kurang fokus saat menyetir. Beberapa penyebabnya adalah badan tidak fit, bermain ponsel, mengurusi anak dan mengantuk.

Penting untuk menjaga Anda tetap fokus selama menyetir. Namun banyak orang yang mengabaikan tata tertib ketika sedang menyetir sehingga tidak sedikit juga yang menjadi korban kecelakaan.

Ketika sedang ingin menyetir, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut agar nyaman dan selamat sampai tujuan, diantaranya.

1. Lakukan persiapan sebelum menyetir
Saat mengemudi, Anda perlu memastikan bahwa satu-satunya hal yang perlu Anda lakukan saat itu adalah menyetir. Untuk itu lupakan semua hal seperti membalas chat, menelepon, makan, dan semua hal lainnya yang dapat mengganggu konsentrasi Anda di balik kemudi. Sebaiknya lakukan semuanya itu saat sebelum berangkat, khususnya ke kemar kecil.

2. Jauhkan ponsel
Bagi beberapa orang upaya untuk menjauhkan ponsel sangat menyiksa dirinya. Namun jika Anda ingin tetap aman dan nyaman saat mengemudi Anda perlu menahan diri dari penggunaan ponsel setiap saat.

3. Minum kopi
Studi telah menunjukkan bahwa kafein memiliki efek positif pada kemampuan mengemudi Anda. Sebuah survei terbaru oleh InsurancePanda.com menunjukkan bahwa minum dua sampai tiga cangkir kopi per hari adalah cara teraman untuk tetap fokus di jalan.

4. Istirahat sejenak
Jika Anda sudah tidak mampu berkonsentrasi lagi ketika sedang menyetir, alangkah lebih baik singgah di rest area kemudian beristirahat lah sejenak.

5. Menjaga anak tetap tenang
Agar anak-anak tetap tenang, pastikan Anda memiliki beberapa barang di mobil agar mereka asyik dengan mainannya. Selain itu Anda juga harus memastikan stok makanan ringan dan minuman harus cukup agar anak-anak tidak kelaparan dan kehausan, sehingga mencegah mereka menjadi rewel.


ROS

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA