ID
Sean Gelael

Sean Kembali Tunjukkan Performa Apik di Austin

21 Oktober 2017 11:33

AUSTIN – Pebalap muda Indonesia Sean Gelael kembali menunjukkan performa apik pada sesi latihan bebas (FP1) bersama tim Toro Rosso di sirkuit Austin, Texas, Amerika Serikat. Pebalap berusia 20 tahun ini mampu mengontrol mobil STR12 dengan baik meski kondisi lintasan sangat “tricky” dan Sean pun baru pertama kali menjajal aspal sirkuit ini.

“Kami sekali lagi sangat puas dengan perfroma Sean. Dengan kondisi sirkuit yang tricky, Sean perlahan-lahan mampu memperkecil gap waktu hingga satu detik dari rekan setimnya, Brendon Hartley. Ini improvement besar buat Sean karena mampu memenuhi target untuk makin kompetitif sejak free practice perdana di Singapura,” kata Bos Toro Rosso, Franz Tost.

Ditambahkan, catatan waktu Sean sebenarnya masih bisa kompetitif lagi jika tidak terjebak traffic saat push lap ketiga dengan ban ultrasoft.

“Saat Sean push lap, kondisi lintasan cukup ramai. Sean sedikit terhalang beberapa pebalap dan saya yakin jika lintasan sedikit sepi, catatan waktunya akan lebih baik,” kata Franz.

Dalam sesi latihan bebas pertama F1 ini Sean membuat catatan waktu tercepat satu menit 40.406 detik. Sean berada di posisi ke-17. Catatan waktunya lebih baik dari dua pebalap tim Sauber Marcus Ericsson dan Charles Leclerc. Sementara rekan setim Sean, Brendon berada di posisi 14 dengan catatan waktu satu menit 39,267.

Tantangan yang dihadapi Sean memang tidak mudah. Sean sempat mengalami under steer yang cukup besar. Sean berjuang sepanjang 25 putaran untuk mengontrol mobilnya dan berupaya mencetak waktu tercepat.

“Kami memakai ban intermediate terlalu awal. Ketika lintasan kering, hidrolik anti roll bar saya tiba-tiba menyala karena tekanannya berubah. Itu menyebabkan under steer cukup besar di slow speed corners setengah sektor 2 dan sektor 3. Akan tetapi, secara keseluruhan, saya cukup puas dengan debut di Austin,” ungkap Sean.

Bagi Sean penampilan di Austin merupakan tugas ketiganya di FP1 bersama tim Toro Rosso. Sebelumnya, putra mantan pereli nasional Ricardo Gelael ini telah menuntaskan programnya dengan apik di sirkuit Marina Bay Singapura dan Sepang Malaysia. Sean masih memiliki satu tugas lagi di sirkut Meksiko 27 Oktober mendatang.

Untuk balapan di Austin tim Toro Rosso akan mengandalkan dua pebalapnya, Daniil Kvyat dan Brendon Hartley. Komposisi pebalap ini berbeda dengan balapan sebelumnya di GP Jepang yang mengandalkan Carlos Sainz dan Pierre Gasly. Sainz akan membalap untuk tim Renault di sirkuit Austin, sedangkan Gasly absen di Austin karena jadwalnya bersamaan dengan balapan Super Formula di mana Gasly memiliki peluang menutup musim sebagai juara.

ASW

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA