ID
Foto: Shutterstock

Cara Mudah Meningkatkan Kekebalan Tubuh

02 Maret 2018 11:07

Jakarta: Sistem kekebalan tubuh berpengaruh terhadap aktivitas harian. Jika kondisi imun prima, maka aktivitas Anda pun akan lancar tanpa terganjal masalah kesehatan.

Ahli alergi dan imunologi Timothy Mainardi, MD mengatakan bahwa tak ada seorang pun yang ingin sistem kekebalan tubuhnya memburuk. Oleh karena itu Anda disarankan tetap menjaga imunitas tubuh. "Jika Anda merawat diri sendiri, maka sistem kekebalan tubuh akan kuat dengan sendirinya," kata Mainardi. 

Lantas, bagaimana cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami?

1. Mengonsumsi makanan bergizi
Mainardi mengatakan cara yang paling penting untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan normal adalah menjaga pola makan dan olahraga. "Pilih makanan yang kaya gizi, perbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bijian, dan protein tanpa lemak untuk melawan virus dalam tubuh," ucap Mainardi, dikutip Health.com.

2. Olahraga secara teratur
Berolahraga tak sekadar untuk menurunkan berat badan. Mungkin Anda bosan mendengar bahwa berolahraga rutin dan makan sehat merupakan kunci untuk sistem kekebalan tubuh. "Tapi sudah terbukti orang-orang yang menjalani hidup sehat (olahraga teratur dan makan makanan sehat) terhindar dari flu dan penyakit menular lainnya. Agar tidak malas, ajak teman untuk mengikuti kelas kebugaran atau sekadar jogging di sekitar rumah," ucap Mainardi.

3. Cukup tidur
Sebaiknya hentikan kebiasaan begadang. Sebab, Mainardi mengatakan ada hubungan antara kurang tidur dengan sakit. Dia menjelaskan bahwa beberapa tenaga medis yang bekerja 100 jam dalam seminggu, tidak hanya akan terserang penyakit menular, tapi juga mengaktifkan kembali penyakit yang pernah menyerangnya. "Reaktivitas terjadi ketika virus lama kembali bereaksi karena lemahnya kekebalan tubuh, dan menyebabkan penyakit yang berbeda, bahkan lebih parah. Contohnya, cacar dan ruam," ujarnya.

4. Cuci tangan dengan sabun dan air
Mencuci tangan merupakan cara terbaik untuk mencegah seseorang terserang penyakit. Sayangnya, masih banyak orang yang tak melakukannya dengan baik. Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat baru-baru ini mengumumkan bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air sangat bermanfaat bagi tubuh. Tak harus menggunakan sabun antiseptik, memakai sabun favorit Anda pun bisa.

5. Konsumsi probiotik
Bakteri dalam usus dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam menangkis infeksi. Itulah sebabnya Mainardi menyarankan agar rutin mengonsumsi makanan probiotik. "Sejumlah data baru-baru ini mengatakan bahwa probiotik dapat melindungi diri dari peradangan tertentu. Makanan dan minuman fermentasi memberikan manfaat tambahan. Pertimbangkan juga untuk minum suplemen probiotik setiap hari, atau coba beberapa resep sederhana yang mengandung probiotik," kata Mainardi.

ROS

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA