Official Website Sean Gelael and Formula 2 Livestream | Watch Formula 2 Live Here

News

Hal yang Merusak Fokus Pembalap dan Cara Mengatasinya

Sean bersama tim Prema.  Foto: Formula 2
Jakarta: Setiap orang pasti pernah mengalami gagal fokus, entah sedang mengerjakan tugas, bekerja atau lainnya. Begitu juga dengan seorang pembalap, yang juga sesekali merasakan kehilangan fokus.  

Kehilangan fokus ini biasanya terjadi jika seorang pembalap memikirkan hal lain. Misalnya memikirkan betapa pentingnya perlombaan atau khawatir tentang banyak pembalap lain yang hendak menyalip dan terlihat di kaca spion.

Gangguan saat balapan terbagi menjadi dua jenis.
1. Gangguan Luar (eksternal)
Gangguan yang dimaksud yakni cuaca, kondisi lintasan, pesaing lain, dan penonton.

2. Gangguan Internal
Pikiran Anda sendiri yang mengalir bebas ke dalam pikiran. Gangguan internal seperti memikirkan putaran terakhir, terlalu mengkhawatirkan hasil, atau terlalu berfokus pada kesalahan masa lalu.  

Cara Mengatasi Gangguan
Seorang Mental Training Expert, Dr. Patrick Cohn mengatakan tugas terpenting untuk meningkatkan konsentrasi ketika sedang balapan adalah memfokuskan kembali saat Anda saat mengalami gangguan. Anda perlu terlebih dahulu menyadari bahwa pikiran Anda sedang melayang ke hal yang lain.

Setelah segera menyadarinya, Anda perlu menyesuaikan fokus sehingga Anda bisa kembali berkonsentrasi pada setiap sudut lintasan. Memfokuskan kembali adalah langkah terpenting dalam konsentrasi karena dibutuhkan kesadaran dan komitmen dari pihak Anda. 

Kunci konsentrasi optimal Anda pada trek balapan adalah memfokuskan kembali secepat mungkin, jadi Anda tidak membiarkan gangguan atau pemikiran yang tidak relevan yang menyebabkan Anda kehilangan waktu berharga.
ROS
Share this Post:

Related Posts:

Our Partner