ID
Sean Gelael

Sirkuit Jerez Masih Jadi Misteri bagi Sean dan Nato

10 Oktober 2017 17:16

JEREZ – Setelah berjuang keras sepanjang 28 putaran di Sirkuit Jerez, Spanyol, dua pebalap Tim Pertamina Arden yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia masih belum berhasil meraih poin.
Pada balapan kedua atau sprint race seri ke-10 Formula 2 2017 yang berlangsung Minggu (8/10), Norman Nato finis di urutan ke-10, sementara pebalap Indonesia, Sean Gelael, menutup race dengan berada di posisi ke-16.
Sean turun dengan memakai ban soft sisa balapan pertama (feature race) yang berlangsung sehari sebelumnya. Dia baru melakukan pit stop saat balapan untuk berganti ban medium yang baru. Strategi ini juga dipakai dua pebalap Prema Racing, Charles Leclerc, Antonio Fuoco, dan beberapa pebalap lain.
“Kalau dari awal langsung memakai ban medium, kemungkinan kami akan keteteran dengan tingginya degradasi ban. Maka, kami mencoba mengatasinya dengan pergantian ban,” kata Manuel Aboy, engineer Sean di tim Pertamina Arden.
Start balapan sempat tertunda sekitar 15 menit karena ada masalah teknis dengan Safety Car. Dari posisi ke-11, Nato melakukan start dengan baik dan sudah berada di urutan kesembilan pada akhir lap pertama. Sementara itu, Sean masih tertahan di posisi ke-16.
Pada lap keempat, Nato naik satu posisi menyusul berhentinya Jordan King (MP Motorsport) dari posisi kedua karena masalah mesin. Nato harus bersabar membalap di belakang Alexander Albon dari tim ART Grand Prix. Nato juga harus bertahan dari tekanan Sergio Sette Camara (MP Motorsport) yang berada di urutan ketujuh.
Pada akhir lap ke-13, Antonio Fuoco (Prema Racing) masuk pit dan berganti ban. Nato naik ke urutan ketujuh. Pada lap ke-13, Nato mengikuti Albon melewati Charles Leclerc (Prema Racing) yang mulai mengalami masalah dengan ban. Nato berada di urutan keenam.
Pada akhir lap ini, Leclerc juga harus melakukan pit stop, seperti rekan satu timnya, Fuoco. Pada lap ke-17, Fuoco dan Leclerc berada di urutan ke-16 dan ke-17. Di posisi terdepan, Alex Palou (Campos Racing) yang memimpin balapan sejak start mendapat tekanan hebat dari Nicholas Latifi (Dams) dan Artem Markelov (Russian Time) yang berada di urutan kedua dan ketiga.
Pada lap ke-23, Oliver Rowland (Dams) bergabung dengan tiga pebalap di depan. Merkelov akhirnya melewati Latifi lalu Palou pada lap ini dan mengambil alih pimpinan balapan. Satu lap berikutnya, Latifi dan Rowland berhasil menggeser Palou ke posisi keempat.
Sementara itu, Nato akhirnya kehilangan posisinya di urutan ke-6 setelah dilewati Leclerc. Dia harus berusaha keras mempertahankan posisinya dari kejaran Fuoco yang sudah berada di belakangnya. Pada lap ke-26, Fuoco akhirnya menggeser Nato ke urutan ke-8 yang merupakan posisi terakhir untuk mendapatkan poin pada sprint race.
Luca Ghiotto (Russian Time) dan Nyck de Vries (Racing Engineering) yang akhirnya menggeser Nato ke urutan ke-10 . Pebalap Prancis tersebut bertahan di posisi ini hingga balapan berakhir, sementara Sean finis di urutan ke-16 setelah berupaya seoptimal mungkin menjaga kondisi ban. Balapan akhirnya dimenangi Markelov diikuti duo pebalap Dams, Latifi dan Rowland, di urutan kedua dan ketiga.
Formula 2 2017 masih menyisakan satu seri yang akan berlangsung di Yas Marina, Abu Dhabi, 24-26 November.

ACF

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA