ID
Foto: Shutterstock

Tips Mengembalikan Kondisi Tubuh Setelah Sakit

27 Februari 2018 13:12

Jakarta: Tubuh manusia membutuhkan proses sebelum kembali fit setelah sakit. Kecepatan proses pengembalian kondisi tubuh bergantung pada berbagai faktor, seperti tubuh kita sendiri, makanan, lingkungan dan lainnya.

Namun, bagi Anda yang ingin kembali fit usai mengalami gangguan kesehatan, berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan, yaitu: 

1. Makanan
Jika dalam awal masa pemulihan, terutama sakit perut atau usus, pilihlah makanan yang mudah dicerna, misalnya nasi merah, roti kering, apel, atau pisang. 

Bila tubuh siap menangani menu normal, pilihlah makanan kaya nutrisi, tanpa bahan kimia tambahan dan bahan olahan yang tidak dibutuhkan tubuh. 

2. Konsumsi air
Air adalah pahlawan tanpa tanda jasa untuk memulihkan kondisi dan melawan kuman, virus dan lainnya. Selain itu air juga menjaga agar cairan getah bening tetap mengalir dengan baik dan membantu tubuh melawan sisa jejak penyakit dengan mendistribusikan sel darah putih ke seluruh sistem Anda. 

3. Hindari makanan yang menguras energi. 
Katakan tidak pada makanan yang menguras energi atau karbohidrat seperti donat atau sereal bergula manis. Sebab dapat membuat tubuh terasa lemas. Sebagai gantinya, disarankan mengkonsumsi gandum utuh. 

4. Mulai berolahraga. 
Olahraga dapat mengembalikan energi paska mengalami gangguan kesehatan. Tapi jangan terlalu memaksakan diri ketika mulai latihan.

Misal, jika Anda biasanya berjalan sejauh 2 mil pada pagi hari, mulailah dengan jarak yang lebih pendek. Sehingga tubuh tidak terlalu terbebani dengan latihan tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba jenis latihan lain untuk mengembalikan kondisi tubuh, yaitu hape up size down beginner's workout dan yoga for relaxation ini.

5. Batasi kegiatan
Terlalu banyak kegiatan saat proses penyembuhan akan membuat Anda kembali sakit. Oleh karenanya, minta bantuan kepada orang sekitar untuk mengurangi aktifitas Anda, seperti membersihkan rumah, memasak atau merawat orang tua yang lanjut usia.

ROS

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA