News

Wawancara Bos Prema, Rene Rosin: Kami Bisa Memberikan Hasil Bagus dengan Sean

Suasana di Paddock Tim Prema Racing saat bersiap melakoni sesi tes F2 bersama dua pembalap barunya, Sean Gelael dan Nyck de Vries (Foto: Dok. Sean Gelael)
Yas Marina - Sean Gelael akan mulai membiasakan dirinya dengan Prema Power team pada uji coba Abu Dhabi Formula 2 minggu ini. Sebelum event tersebut, kami mengambil kesempatan untuk melakukan wawancara mendalam dengan bos Prema René Rosin tentang Sean, musim 2018 dan masa depan mereka bersama.

Betapa pengumuman seru untuk tim Prema dan untuk Sean! Apa perasaan Anda tentang bekerja dengannya tahun depan?
Tahun depan kita akan memiliki mobil baru, dan memiliki pengemudi yang berpengalaman bisa menjadi pilihan yang tepat. Melihat Sean, dan bagaimana penampilannya di empat latihan bebas F1, dia sama sekali tidak mengalami masalah.

Saya pikir kita bisa membantu mendapatkan hasil yang baik , dan itu adalah bagian dari keputusan. Dia orang yang baik, kami mengenalnya sejak Formula 3, kami sangat dekat di balapan yang sama, tahun 2014 di F3, dan kami saling mengenal lebih jauh ketika kami memiliki Antonio Giovinazzi, yang telah didukung oleh ayah Sean. Tetapi mulai musim depan kita akan bersama sama dan itu yang terpenting.

Di antara mantan juara Prema, Pierre Gasly sudah berada di F1 dan Charles Leclerc juga dalam perjalanan. Apa artinya itu bagi Sean?
Ini adalah bagian dari program kami untuk bekerjasama yang baik dengan para pembalap, dan kami ingin memberikan kepadanya kemampuan terbaik kami. Dia sangat termotivasi oleh tantangan baru ini karena datang ke tim juara dua tahun terakhir dan itu pasti merupakan tantangan. Dia akan mampu menerimanya, dia akan siap melakukan itu, dan mulai minggu depan kami berkonsentrasi untuk berkerja bersama.

Seberapa relevan pengalaman Formula 1 Sean di Formula 2?
Hal yang pasti adalah pengalamannya dengan mobil yang lebih besar dan lingkungan yang lebih besar. Ini adalah bagian dari proses, tapi saya ingin dia lebih berkonsentrasi pada Formula 2 tahun depan, terutama di awal. Pengalaman baik dengan tim F1 adalah sesuatu yang sangat penting.

Menurut Anda, apakah hal tersebut bisa membantu Sean mengakomodasi dirinya di lingkungan yang lebih profesional?
Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Tujuan saya tahun depan untuk membuat kemajuan dan memaksimalkan Sean. Saya akan melakukan yang terbaik untuk membuat dirinya tampil bagus di F2.

Apa kekuatan dan kelemahan Sean Gelael?
Kami belum mengenal (karakternya) lebih dalam, tapi jika kita melihat apa yang dia lakukan dalam testing (dan free practice) bisa dikatakan dia telah melakukan pekerjaan dengan sangat baik , perlu kecepatan untuk mengemudi (F1). Berbicara dengan beberapa orang F1, semua orang mengatakan, dia melakukan pekerjaan dengan baik. 

Tentu saja dia berada di bawah sedikit tekanan, tapi ini adalah bagian dari pekerjaan kami untuk memudahkan kesulitannya, dan fokus untuk memberikan hasilnya. Pasti akan menjadi tantangan, apabila kita melihat hasil, kita bisa berharap dari Sean, tapi di sisi lain, saya pikir di lingkungan tim yang tepat, dia akan bisa melakukan dengan lebih baik.

Kita perlu memulai selangkah demi selangkah dan tidak menargetkan langsung menang ,cukup kita lihat hasilnya kemudian membangun kepercayaan dirinya, dan semuanya ada tahapan. Itu bagian dari pekerjaan saya.

Sudah berapa lama anda mengikuti karir Sean Gelael ? Apakah Anda sudah memiliki rencana lebih spesifik kepada Sean untuk mencapai target?
Pertama-tama, saya perlu membuatnya merasa nyaman dengan orang-orang yang bekerja di lingkungannya. Kita harus bisa memberikan rasa yang nyaman dan lingkungan di dalam tim mendukung dan kami akan memberikan hal itu. Saya ingin mengenal Sean lebih dalam, saya ingin mengerti kepribadiannya. Inilah sebabnya mengapa membangun hubungan antara dia dan tim menjadi hal yang sangat penting.

 Tapi apakah Anda melihat adanya potensi di dalam diri Sean?
Setiap pembalap yang mencapai level ini pasti punya potensi. Kami mencoba melakukan yang terbaik dan kemudian kita akan lihat. Jika pada akhir tahun kita mendapatkan hasil yang baik, saya akan sangat bahagia. Apabila terjadi suatu kesalahan maka kita perlu duduk bersama orang-orang dan mencoba memahami apa yang terjadi. Saya benar-benar termotivasi dan sangat menantikan untuk bekerja sama dengan Sean.

Jika tim Formula Satu seperti Toro Rosso memberinya kesempatan untuk melakukan Free Practice, ini pertanda bahwa Sean memiliki potensi yang baik. Apa anda setuju?
Benar sekali ! Hari ini uang adalah hal yang penting dan di Formula 1 anda akan memerlukan untuk mendapatkan kesempatan tapi Anda tidak akan mendapatkan kesempatan jika Anda tidak memiliki potensi. Karena jika Anda tidak memiliki potensi, orang-orang di F1 tidak akan membiarkan Anda menyetir mobil mereka. Sean telah menunjukkan banyak hal tentang potensinya, jadi tugas kita adalah membangun lingkungan yang baik di sekitarnya dimana kita akan dan bisa bekerja sama dengan baik.

Sean sangat mengesankan saat balapan di Monza, ketika dia balapan dalam kondisi yang sangat sulit dan basah dari baris belakang. Apakah ini juga merupakan pertanda untuk potensinya di kemudian hari?
Musim lalu di Spielberg (GP Austria) dia finis di podium, jadi sudah jelas, saat dia di depan, dia tahu apa yang harus dilakukan. Saya sama sekali tidak khawatir, kita hanya perlu santai, membuat suasana nyaman di sekitarnya, membuatnya nyaman, dan dari titik itu kita dapat memulai pekerjaan.

Mark Webber juga mengatakan bahwa pada awalnya sulit baginya untuk bertarung dalam persaingan dengan mobil yang kurang kompetitif, namun saat ia mendapat mobil bagus, ia langsung bertarung memperebutkan kejuaraan dunia.

Saya tidak bisa mengatakan apapun tentang mobil lain yang dikendarai oleh Sean, tapi saya tahu apa yang bisa diberikan oleh Prema dan tawarkan kepadanya. Kita hanya perlu membuatnya nyaman di lingkungan kita, dan sejak saat itu, mulailah pekerjaan.

Apakah Anda berpikir bahwa memberi lingkungan yang tepat dan nyaman adalah bagian terpenting dari keseluruhan permainan ini?
Yang pasti, anda perlu punya mobil bagus dan pembalap bagus. Jika lingkungannya tidak baik, pembalap merasa tidak nyaman, mereka tidak bisa memberi 100, tapi hanya 80 persen. Ini tidak cukup untuk mendapatkan hasil terbaik pada level balapan ini.

Bisakah anda memberi contoh kasus kegagalan di F2, karena banyak orang berpikir bahwa mobil mempunyai spesifikasi yang sama
Tugas saya adalah mencoba untuk menang dan mendapatkan hasil maksimal dari orang-orang saya. Mungkin itu belum tentu cukup untuk menang, tapi tujuan kami selalu tampil dengan target yang maksimal. Saya memaksa semua engineer, mekanik untuk fokus pada target. Saya pikir tim ini  memiliki orang yang tepat untuk melakukan itu.

Apakah Sean mampu bekerja keras untuk sukses?
Kita perlu bekerja sama, tapi dia sudah menunjukkan bahwa dia mampu melakukan pekerjaan itu. Jadi saya positif dan yakin akan hal itu.

Apakah Anda siap bahwa tim Anda menjadi populer di Indonesia?
Tentu saja saya tahu kita akan populer, tapi saya hanya fokus pada balap. Popularitas bukan hal yang utama untuk saya. Hal yang mendasar adalah saya ingin mempertahankan kredibilitas Prema sebaik mungkin, dan saya yakin kita bisa melakukannya dengan Sean.

Tampaknya Anda harus menjadi bukan hanya bos tim, tapi semacam psikolog atau sosok seperti ayah karena orang-orang di Prema masih berusia muda.
Salah satu bagian terpenting dari pekerjaan kita adalah membuat orang-orang bekerja bersama dengan cara yang nyaman. Ini bukan hanya tentang mengantarkan mobil balap terbaik tapi juga untuk menghadirkan lingkungan yang tepat bagi pengemudi. Itulah bagian terbesar dari pekerjaan kami dan saya pikir di sinilah perbedaannya dibandingkan dengan tim lain.

Seperti yang Anda sebutkan sebelumnya, F2 akan menggunakan mobil baru di musim 2018. Kapan F2 akan mengirimkan mobil baru dan apa rencana anda untuk pengujian?
Kami menunggu informasi dari FIA F2. Yang pasti, kita harus mulai melakukan pengujian pada bulan Maret, seperti yang sudah berjalan dan saya pikir kita akan memiliki enam hari pengujian. Tergantung kapan mereka memberikan mobil tetapi pasti segeradan mungkin di hari-hari pertama tahun depan. Dari situ, kita akan menggarap persiapan musim 2018.

Apakah akan menjadi pra-musim sibuk bagi Anda?
Beberapa bulan pertama akan sulit, tapi ini adalah bagian dari pekerjaan kami. Ketika kami memasuki kejuaraan tahun lalu, kami telah mengumpulkan materi dari Lazarus pada tanggal 7 Januari dan hanya dalam waktu dua bulan kami siap untuk tes resmi pertama di Barcelona.

Akhirnya, kami harus bertanya tentang beberapa komentar negatif di media sosial setelah pengumuman tentang Sean. Apakah Anda memiliki pesan untuk para penggemar yang mengkritik pilihan Prema?
Media sosial saat ini merupakan bagian penting dunia. Sebelum membuat keputusan, kami menunggu dan banyak berpikir. Saya harus melakukan pekerjaan saya dengan cara sebaik mungkin dan ini berarti jika saya mengikuti apa yang sedang terjadi di media sosial atau media, saya harus mengubah pekerjaan saya. Itu saja!

Lagi pula, kami mendapat komentar negatif juga di masa lalu, misalnya saat  Lance Stroll bergabung. Kami membantunya untuk datang ke Formula Satu dan kami sangat bangga padanya dan saya dapat mengatakan bahwa dia adalah salah satu yang terbaik yang pernah bergabung dengan kami. Menurut saya penting untuk mengikuti apa yang orang katakan di media sosial, tapi kita harus fokus pada pekerjaan kita yaitu membantu memperbaiki performa pembalap.

Apakah itu berarti bahwa jika lingkungannya bagus, akan berpengaruh kepada apa yang akan anda lakukan dan mencapai target ?
Begini, di awal tahun, semua orang membicarakan Lance. Saya mengenalnya sejak 2012, dan dia memenangi balapan pertamanya di tahun 2014 di Formula 4. Saya tahu persis kemampuannya. Semua orang mengeluh tentang kemampuan finansial ayahnya, tapi kekuatan finansial tidak akan membawa kesuksesan. Kerja keras pembalap dan tim lah yang akan membawa menuju kesuksesan. Itulah hal utama.

Pembalap perlu bekerja banyak, dan jika seorang pembalap memiliki kekuatan finansial dari ayahnya, dia harus menghadapinya. Jangan lupa, ini adalah olahraga yang perlu pendanaan. Olahraga ini bukan olahraga yang tanpa modal. Kita hanya perlu berkonsentrasi pada pekerjaan dengan pembalapnya dan mewujudkannya.
Share this Post:

Related Posts: