ID
Ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi oleh seorang atlet. Foto: Shutterstock

20 Makanan yang Tak Dianjurkan Dikonsumsi Atlet

23 Februari 2018 14:29

Jakarta: Pola hidup seorang atlet patut menjadi contoh agar bisa hidup sehat. Selain rutin berolahraga, pola makan seorang atlet juga tidak sembarangan.

Berikut beberapa asupan makanan yang pantang dikonsumsi oleh seorang atlet, yaitu:

1. Diet soda 
Alasan soda menjadi salah satu minuman haram bagi para atlit adalah karena kandungan pemanis buatan. Sebab, pemanis buatan dianggap sebagai ancaman bagi kesehatan dan berat badan para atlit.

Pada umumnya, pemanis buatan akan mempengaruhi tubuh memproduksi insulin (hormon penyimpanan lemak) lebih banyak. Dengan begitu, kondisi tubuh para atlet tidak akan ideal karena peningkatan insulin.

2.Roti tawar
Salah satu bahan dasar pembuatan roti tawar adalah tepung putih halus yang berasal dari pengupasan serat gandum. Saat dikonsumsi, akan meningkatkan kadar insulin dan berkontribusi terhadap penurunan energi dan penambahan berat badan. 

3. Popcorn
Cemilan yang cocok dikonsumsi saat menonton itu merupakan salah satu makanan yang harus dihindari oleh atlet. Sebab, makanan berbahan dasar jagung itu mengandung lemak tidak sehat, kadar sodium yang tidak rata, dan dalam beberapa kasus juga dicampur dengan bahan kimia. 

Dampaknya bagi atlet adalah menjadi penghambat untuk mencapai berat badan idieal. Bahkan, popcorn juga dianggap bisa menahan proses pemulihan paska latihan.


Foto: Shutterstock

4. Sup kaleng
Dibalik rasa yang enak dan praktis, sup kaleng ternyata menjadi salah satu makanan yang harus dijauhi oleh para atlet. Sebab, mengandung sodium yang tinggi dan berdampak buruk terhadap kesehatan.

5. Kue beras
Ada berbagai banyak jenis kue beras yang dijual di pasaran. Meski memiliki rasa enak, tapi kue beras sangat tidak baik dikonsumsi oleh karena rendah kalori dan dapat membuat gula darah melonjak. 

6.Sereal manis
Mengkonsumsi sereal manis (terbuat dari gula buatan atau tidak) sangat tidak baik bagi tubuh, karena mempengaruhi insulin. Pada akhirnya akan membuat tubuh menyimpan lemak berlebih.

7. Granola
Tak selalu produk makanan yang terbuat dari bahan alami itu menyehatkan. Seperti granola yang terbuat dari gandum berserat. 

Sebagian besar versi serealia mengandung jumlah gula tinggi, lemak yang tidak perlu, dan kelebihan kalori. Semangkuk gandum dengan selai mentega kacang merupakan alternatif yang jauh lebih baik daripada granola.

8. Alkohol
Alkohol menghambat kebugaran fisik. Terlalu banyak minuman keras memperlambat pemulihan otot, mengganggu kemampuan motorik, dan menurunkan kekuatan dan kinerja sprint. 

Penelitian yang dipublikasikan di ACSM's Health & Fitness Journal juga menemukan bahwa alkohol menekan sistem kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan risiko penyakit serta cedera Anda.

9. Makan tanpa protein
Seorang atlet membutuhkan proteinnya. Pasalnya, protein penting untuk memperbaiki dan menguatkan jaringan otot.

Selain itu, protein dianggap mampu membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan rasa kenyang. Oleh karenanya seorang atlet sangat disarankan mengkonsumsi protein secara seimbang. 

10. Minuman olahraga
Seorang atlet tidak disarankan mengkonsumsi minuman olahraga, kecuali sedang menjalani program latihan yang berat dan ketat. Sebab, minuman olahraga ini mengandung gula hingga 34 gram yang berdampak pada bobot ideal atlet.

Berdasarkan sebuah peneltian  yang dipublikasikan di Jurnal Obesity, orang yang mengkonsumsi satu atau lebih minuman olahraga setiap hari memperoleh bobot lebih dari rentang tiga tahun daripada mereka yang tidak.

11. Nutrition bars
Meski nutrition bar mampu menguatkan otot, tapi jenis cemilan ini tidak dianjurkan untuk para atlet. Karena, kandungan gula dan lemaknya.

Nutrisi dan snack bar cenderung menjadi bom gula dengan tambahan lain seperti seperti kacang, buah kering, dan coklat.

12. Flavored Yogurt
satu cup Flavored yougurt memang terlihat menggoda. Tapi dibalik rayuan kelezatanya tersebut, flavore yogurt mengandung gula yang cukup tinggi dan membuat tubuh menjadi mudah gemuk.

Bagi anda pecinta yougurt, anda bisa memilih yogurt Yunani karena jauh lebih baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Sebab, yogurt tersebut dikemas dengan protein dan kadar gula yang rendah.

13. Pasta
Pasta masuk kedalam salah satu makanan yang harus dihindari oleh para atlet. Sebab, mengandung serat dan dedak yang tidak dapat dimurnikan.


Foto: Shutterstock

14. Jus buah
Banyak yang bertanya-tanya, kenapa jus buah merupakan salah satu asupan yang tidak boleh dikonsumsi oleh atlet? Jawabanya, karena kandungan gula dalam sebuah jus buah yang cukup tinggi. 

Selain itu, mengkonsumsi buah dengan cara dihancurkan itu juga menghilangkan kandungan serat yang sebagian besar mengandung nutrisi penting.

15. Saus salad 
Jangan merusak kesehatan salad dengan saus yang dijual di pasaran. Sebab, mengandung minyak olahan, bahan kimia, dan pengawet.

Sebaiknya, saus salad dibuat sendiri dari bahan berbasis minyak zaitun atau cuka. Tambahkan juga rempah-rempah agar memperkuat cita rasa.

16. Oatmeal instan
Oatmel instan hanya memberikan rasa enak, bukan kesehatan. Sebab, nutrisi yang terkandung dalam bahan dasar oatmeal, yaitu gandum akan hilang karena proses pembuatan dan pengemasan.

Cara terbaik mengkonsumsi oatmel yaitu mengolahnya langsung. Anda juga bisa menambahkan kayu manis dan buah-buahan seperti ceri, stroberi, atau blueberry.

17. Deli Meat
Deli meat merupakan oalahan daging yang sudah dipotong menjadi lembaran dan banyak dipilih karena enak dan mudah disajikan. Namun, dibalik keunggulan tersebut, deli meat ternyata tidak baik untuk kesehatan karena meningkatkan kemungkinan penyakit jantung dan kanker. 

18. Trail Mix
Trail mix merupakan salah satu jenis makanan yang harus dijauhi oleh atlet. Meski terdiri dari kacang-kacangan, bijian dan makanan lain yang dinilai mengandung serat, tapi anda sebenarnya mengkonsumsi permen raksasa. 

19. Biskuit
Enak dan memanjakan lidah, tapi biskuit sangat dihindari oleh atlet sebab minim serat dan lemak sehat. Pada umumnya, 10 potong atau buah biskuit mengandung 250 kalori dan banyak garam. 

20. Yogurt beku
Yogurt beku adalah alternatif sehat pengganti es krim. Meski sebagian besar bebas lemak, tetapi yogurt beku mengandung gula yang cukup tinggi.

Biasanya, yougurt beku seberat 16 ons yang belum dicampur dengan bahan lai, biasanya  mengandung 380 kalori dan 76 gram gula pasir.


ROS

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA