ID
Sean Gelael saat diundang ke paddock AlphaTauri di sela-sela F1GP Barcelona

H-20 Menuju 24 Hours of Le Mans: Kala Sean Gelael Masih Dianggap Sebagai Reserve Driver AlphaTauri

22 Mei 2022 11:05

Selepas menempa diri menghadapi 24 Hours of Le Mans dengan bersepeda di Col de la Madone, Prancis, Sean Gelael diundang oleh tim F1 AlphaTauri untuk hadir di garasi mereka di sela-sela GP F1 Spanyol.

Ada peristiwa menarik ketika Sean disorot kamera Sky Sports F1 di garasi AlphaTauri, Sabtu (21/5). Saat itu tertera keterangan "Sean Gelael - AlphaTauri Reserve Driver".

Sean memuat momen ini dalam Instagram-nya, sambil menambahi komentar: "Itu mungkin lima tahun yang lalu... saya juga kaget." Sambil menambahkannya dengan tiga emoji tertawa.

Baca: H-21 Jelang 24 Hours of Le Mans: Sean Tempa Diri di Lintasan Favorit Lance Armstrong

Tentu maksudnya dia terkejut masih dianggap sebagai pebalap cadangan, padahal sudah tidak lagi. Dia kini berkonsentrasi penuh di FIA World Endurance Championship (WEC) bersama Team WRT #31 dan sedang memimpin klasemen kelas LMP2.

Sean sendiri menjadi test driver tim yang dulu bernama Toro Rosso itu pada 2017, 2018, dan 2019. Dia pernah menjadi penguji atau mengisi Free Practice 1 untuk tim Italia itu di Singapura, Malaysia, Amerika, Meksiko, Spanyol, Hungaria, dan Abu Dhabi. 

Sementara itu test driver AlphaTauri 2022 adalah Juri Vips (Estonia) dan Liam Lawson (Selandia Baru). Kedua pebalap muda itu memang masuk dalam keluarga besar Red Bull. Vips sendiri ambil bagian dalam Free Practice 1 di GP Spanyol,  mengisi jatah Sergio Perez di tim Red Bull.

Baca: 22 Hari Menuju 24 Hours of Le Mans: Circuit de la Sharte, Histori yang Tak Terusik

Bisakah Sean suatu saat ke F1? Kalau bicara bisa, tentu saja potensinya ada walau Sean tidak fokus ke sana sekarang ini.

Pebalap Team Jagonya Ayam itu telah mengumpulkan 24 poin (dari persyaratan 40) untuk mendapatkan Super License F1. Poin itu diraih Sean tahun lalu sebagai runner-up LMP2 WEC (16 poin), ditambah 8 poin dari posisi runner-up juga untuk Asian Le Mans Series.

Bila tahun ini Sean minimal meraih 16 poin tambahan dari LMP2, dia berhak meraih Super License F1 itu. Untuk sementara, karena sedang berada di peringkat satu klasemen LMP2, Sean berhak "meraih" 20 poin tambahan.

Baca: 23 Hari Menuju 24 Hours of Le Mans: 1 dari 3 Balapan Klasik

Di Sirkuit Catalunya yang dekat dari kota Barcelona tersebut, selain menjadi tamu AlphaTauri Sean juga bertemu para pemain klub sepak bola Barcelona, di antaranya Ousmane Dembele, Pierre-Emerick Aubameyang, Samuel Umtiti, dan Clement Lenglet.

(Sean Gelael berfoto bersama pemain Barcelona, Ousmane Dembele, Pierre Emerick Aubameyang, Samuel Umtiti, Clement Lenglet dan juara MotoGP Fabio Quartararo)

Sang juara dunia MotoGP, Fabio Quartararo, yang juga menjadi bintang tamu di paddock F1 tak luput dari berpose bersama Sean.

"Mereka adalah nama-nama besar di dunia olah raga," tulis Sean di IG-nya.

Race 24 Hours of Le Mans 2022 disiarkan langsung via youtube channel KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com pada 11 Juni, start pukul 21.00 WIB.


ACF

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA