ID
Foto: Dok. Sean Gelael

Team WRT 31 Siap Kejar Dua Team Manthey yang Tangguh

30 Agustus 2024 21:40

Libur musim panas telah berakhir dan para pebalap FIA WEC kembali memanaskan aspal, kali ini di Circuit of The Americas (COTA) di Austin, Texas. Balapan itu sendiri berjuluk Lone Star Le Mans karena mengacu pada julukan khas Texas yang pernah menjadi negara bagian sendiri (lone star) di Negeri Paman Sam tersebut.

Bagi Team WRT 31 yang merupakan Global Partner Pertamax Turbo, mereka juga mencoba akan menjadi tim yang berjuang sendirian melawan dua tim Manthey yang teramat kuat saat ini di kelas LMGT3 FIA World Endurance Championship (WEC). 

Dari lima putaran yang sudah digelar, kedua tim Manthey tersebut masing-masing telah memenangi dua balapan. Satu balapan tersisa jadi milik WRT 31 ketika Sean Gelael, Augusto Farfus, dan Darren Leung menaklukkan putaran di Imola, Italia.

Team Manthey PureRxcing 92 kini memimpin klasemen dengan 100 poin, di mana Manthey EMA 91 di posisi dua dengan 75 poin yang hanya berselisih satu angka dengan WRT 31 di posisi tiga. Dan tugas mengejar poin itulah yang akan dimulai akhir pekan ini di COTA.



Secara karakteristik COTA berbeda jauh dengan Interlagos di Brasil, tempat putaran terakhir digelar di mana Manthey 92 mendominasi balapan sejak start hingga finis. Namun mobil Porsche yang digeber dua tim Manthey memang sangat tangguh untuk kelas LMGT3 dalam kondisi apa pun balapan digelar.

Bahkan, tambahan beban berupa Balance of Performance (BoP) seperti tidak berpengaruh banyak buat mereka. Untuk balapan pada Minggu (1/9) nanti, Manthey 92 akan kena tambahan 30 kg, Manthey 91 kena 25 kg, sementara WRT 31 mesti bertambah 15 kg. 

Dua tim lain yang juga akan terkena BoP adalah Heart of Racing Team 27 yang terkena 10 kg sebagai runner-up di Interlagos dan United Autosports 95 yang bertambah 5 kg sebagai peringkat tiga.

“Apa pun kondisinya, kami harus siap tempur. Dan yang terpenting, bisa kembali ada di atas trek adalah sebuah kesenangan tersendiri bagi seorang pebalap termasuk saya,” ujar Sean.

Bagi Sean, berlaga di COTA memang bukan yang pertama karena dia sebelumnya pernah menjalani Free Practice F1 bersama tim Toro Rosso. Namun mobil GT3 sungguh jauh berbeda dengan F1.

Putaran enam FIA WEC Lone Star Le Mans yang berdurasi enam jam tersebut bakal disiarkan langsung oleh kanal youtube KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com dengan start pukul 01.00 hari Senin (2/9). Program ini dipersembahkan oleh Pertamina dan Pertamax Turbo, KFC, Bank Mandiri, MIND ID, serta Telkomsel Indonesia.

ACF

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA