ID
Aksi Sean Gelael bersama co-driver Hugo Magalhaes pada hari pertama Danau Toba Rally 2023. Secara keseluruhan, Sean tampil sebagai pembalap tercepat di hari pertama.

Unggul Telak di Hari Pertama, Sean/Hugo Tak Akan Lengah

23 September 2023 21:12

Sean Gelael kembali menunjukkan kelasnya pada Danau Toba Rally 2023 - FIA APRC Asia Rally Cup hari pertama, Sabtu (23/9). Walau dua masalah dia alami, namun itu tidak menghentikan dominasinya bersama co-driver Hugo Magalhaes. Keduanya unggul telak dengan mengendarai mobil baru, Hyundai i20 N Rally2.

Pada SS1 di Negeri Dolok, baik Sean maupun Hugo sama-sama mengaku tidak terlalu memacu kendaraan mereka pada batas semestinya. Sebagai SS pertama dan lintasan masih "hijau" mereka memilih bermain aman. Walaupun begitu, tetap saja mereka unggul waktu saat itu.

"Ya, kami memang berhati-hati namun itu hal wajar. Lintasan pendek dan trek masih belum ideal," kata Sean tentang trayek yang dipangkas sekitar 6 km dari rencana semula. "Tidak ada guna kami langsung tancap gas karena semua masih meraba setelah ada pemangkasan SS," tambah Hugo.

Aksi Sean Gelael bersama co-driver Hugo Magalhaes pada hari pertama Danau Toba Rally 2023. Secara keseluruhan, Sean tampil sebagai pembalap tercepat di hari pertama. 

Barulah mulai SS2 Sean gaspol. Dari lintasan di Huta Tonga itu dia punya tabungan waktu banyak dan langsung membuka jarak terhadap rival terdekat, apakah itu Musa "Ijeck" Rajekshah, Ryan Nirwan, atau lalu H Rahmat.

Hal itu berlanjut pada SS3 di Gorbus, walau setelah itu dia mengalami pecah ban dan mesti memperbaikinya di jalur touring. Dia tertolong waktu yang cukup tersedia, mengingat SS4 dilaksanakan siang hari di Negeri Dolok lagi.

SS4 itu menjadi satu-satunya sesi di mana Sean kalah. Semua lantaran dia membuat kesalahan ketika baru saja memulai trayek khusus tersebut. Dia melintir dan terhenti sejenak, sebelum kemudian mampu memperbaiki posisi mobil di lintasan dan melanjutkan reli.

Gara-gara melintir itu Sean kalah 12,3 detik dari H Rihans Variza (Ford) sang pemenang SS dan berada di posisi 5. Walau begitu secara keseluruhan Sean masih unggul jauh saat itu.

"Kami mengalami oversteer dan melintir, beruntung tak menabrak sisi jalan dan mesin mobil tetap hidup," kata Hugo. "Oke saya memang salah, mohon maaf. Tapi kan setelah itu bisa kencang lagi," timpal Sean.


Aksi Sean Gelael bersama co-driver Hugo Magalhaes pada hari pertama Danau Toba Rally 2023. Secara keseluruhan, Sean tampil sebagai pembalap tercepat di hari pertama. 

Memang, setelah insiden di Negeri Dolok itu Sean menutup hari dengan keunggulan lebih telak lagi pada SS berikut di Huta Tonga, 26,1 detik atas H Rahmat. Dan secara overall, Sean/Hugo menutup hari pertama unggul 2 menit lebih dari H Rahmat yang sama-sama mengendarai Hyundai.

Mobil Jagonya Ayam Motorsport satu lagi, Citroen C3 Rally2 yang dikendarai Ricardo Gelael/Gabriel Morales juga menjanjikan. Mereka berada di peringkat 7 klasemen umum.

Aksi Ricardo Gelael dan co-driver Gabriel Morales pada hari pertama Danau Toba Rally 2023. 

"Capek banget hari ini, tapi saya senang karena merasa masih punya speed," ujar Ricardo. "Saya menjajal kompon ban dan setelan mobil berbeda di siang hari dan hasilnya oke."

"Untuk pebalap seusia dia, Ricardo sangat bagus. Semua berjalan normal, relatif tidak ada kesalahan," kata Gabriel.

Klasemen Sementara
1. Sean Gelael/Hugo Magalhaes (Hyundai) 43:13,4
2. H Rahmat/Hade Mboi (Hyundai) +2:11,3
3. Musa Rajekshah/Ian Soejono (Skoda) +2:12,5
...
7. Ricardo Gelael/Gabriel Morales (Citroen) +4:08,4

Jadwal Danau Toba Rally
Minggu, 24 September

SS6 - Negeri Dolok Reverse (4,55 km)
SS7 - Huta Tonga Reverse 1 (16,42 km)
SS8 - Gorbus 2 (15,66 km)
SS9 - Huta Tonga Reverse 2 (16,42 km)

ACF

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA