ID
Sean Gelael

Walau Mendadak, Sean Gelael Siap Balapan di Catalunya

12 Oktober 2024 04:52

Ditelepon, berkemas ke bandara, terbang 16 jam, dapat dispensasi, siap balapan. Semua serba-dadakan. Sean Gelael mengalami semua peristiwa itu pada Kamis (10/10) malam.

Ketika sedang asyik makan malam bersama keluarga, Sean tiba-tiba mendapat telepon dari Team WRT. Dia disuruh bersiap dan bergegas ke Barcelona malam itu juga. Sean mesti menggantikan Sam de Haan, pebalap Inggris yang terpaksa absen karena istrinya sakit.

De Haan adalah partner pebalap Australia, Calan Williams. Keduanya berlaga di Fanatec GT World Challenge Europe (GTWCE) dan kini sedang memimpin klasemen sementara kategori pebalap untuk Sprint Cup Silver dan memiliki angka sama di kategori tim.

Sean tiba di Barcelona Jumat siang waktu setempat. Namun karena perjalanan jauh dari Indonesia dan setibanya di Barcelona kondisi lalu lintas dari bandara ke Sirkuit Catalunya padat menyebabkan dia tak bisa mengikuti Free Practice dan Pre-Qualifying. Walau begitu dia tetap diizinkan ikut Qualifying dan Race karena dianggap force majeure oleh para Steward.


Regulasi GTWCE mengharuskan sebuah tim menentukan Driver 1 dan Driver 2, bila ada dua pebalap. Sean diputuskan menjadi Driver 1 dan keputusan itu justru diambil oleh Steward. Alasannya, dia mesti beradaptasi terlebih dahulu di Qualifying 1 dan lalu menjadi starting driver di Race 1.

Bila Sean dianggap sebagai Driver 2 maka aksi pertamanya di trek adalah justru langsung di Race 1. Karena faktor keselamatan lantaran ini balapan baru baginya, Steward memutuskan dia mesti beradaptasi bukan saat Race melainkan kualifikasi, sehingga dianggap sebagai Driver 1.

Regulasi GTWCE menyebutkan Driver 1 mesti ikut Qualifying 1 dan lalu jadi starting driver Race 1. Pada separuh jalan Race 1, ada pit stop wajib untuk ganti ban dan ganti pebalap ke Driver 2.

Begitu pula sebaliknya untuk Race 2. Driver 2 ikut Qualifying 2 dan jadi starting driver Race 2. Durasi masing-masing race adalah 60 menit, di mana Race 1 digelar Sabtu dan Race 2 Minggu.

GTWCE Europe dibagi menjadi dua kejuaraan: GTWCE Endurance Cup (5 putaran) dan GTWCE Sprint Cup (5 putaran). Endurance Cup hanya menyelenggarakan 1 Race per putaran, ada yang berdurasi 3 jam dan ada 24 jam. Sementara untuk Sprint Cup ada 2 Race per putaran, yang masing-masing berdurasi 1 jam.

"Kaget juga pas ditelepon, tapi sebagai bagian dari Team WRT dan BMW saya harus siap berlaga semendadak apa pun," ujar Sean, yang seperti di balapan utamanya, FIA WEC, juga akan menggeber BMW M4 GT3 di GTWCE.

Walau sebagai pebalap Sean tak berhak meraih gelar juara Silver, namun dia bisa membantu Calan untuk meraihnya karena mereka unggul nyaman di klasemen, 21 poin.

Akan tetapi untuk kategori tim, Sean bisa membantu Team WRT mendapatkan gelar, karena mereka kini memperoleh poin sama dengan tim AF Corse - Francorchamps Motors, 100,5 poin.

GTWCE Sprint Cup punya empat kategori juara: Pro, Gold, Silver, dan Bronze. GTWCE Barcelona adalah putaran terakhir untuk Sprint Cup.

Semua sesi Qualifying dan Race GTWCE Sprint Cup Barcelona disiarkan langsung oleh channel youtube resmi kejuaraan: @GTWorld

Jadwal GTWCE Sprint Cup Barcelona

Sabtu, 12 Oktober

14.45 - 14.55 WIB: Qualifying 1
19.00 - 20.00 WIB: Race 1

Minggu, 13 Oktober
14.00 - 14.10 WIB: Qualifying 2
19.00 - 20.00 WIB: Race 2

Klasemen Sementara GTWCE Sprint Cup - SILVER

Pebalap

1. Calan Williams/Sam de Haan (Team WRT) - 100,5 poin
2. Cesar Gazeau/Aurelien Panis (Boutsen VDS) - 79,5
3. Thomas Fleming/Eliseo Donno (AF Corse) - 77

Tim
1. AF Corse - Francorchamps Motors - 100,5 poin
2. Team WRT - 100,5 poin
3. Boutsen VDS - 79,5 poin

ACF

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA