Official Website Sean Gelael and Formula 2 Livestream | Watch Formula 2 Live Here

News

Ingin Jantung Sehat? Konsumsi 5 Makanan Ini Setiap Hari

Foto: Shutterstock
Jakarta: Setiap makanan yang dikonsumsi memberikan pengaruh bagi tubuh, termasuk daya tahan, sumber energi, nafsu makan, dan kesehatan jantung.

Memiliki jantung yang sehat menjadi dambaan banyak orang. Bila Anda tak mau organ penting dalam tubuh ini terserang penyakit, lebih baik melakukan pencegahan sejak dini dengan mengonsumsi makanan yang tepat pula. 

Berikut ini, lima makanan yang baik bagi kesehatan jantung, dilansir Livestrong.com.

1. Semangka

Ahli jantung di Dallas Fort Worth Metropolex Dr Sarah Samaan mengatakan bahwa sepotong semangka mengandung kalori rendah, kaya serat, dan sumber antioksidan yang hebat."Semangka adalah sumber likopen yang luar biasa, yang dikaitkan dengan risiko penyakit jantung juga kanker," kata Samaan.

Selain itu, pada semangka terdapat citrulline yang bisa memperbaiki kesehatan pembuluh darah. Citrulline bermanfaat bagi penderita disfungsi ereksi dan diabetes. "Semangka merupakan sumber vitamin C, A, kalium serta magnesium," imbuh Samaan.

2. Yoghurt

Anda bisa menyantap yoghurt bila ingin mengonsumsi sesuatu yang manis, gurih, dan tidak akan menyumbat arteri. Dokter sekaligus petugas medis di Boardvital.com Andrea Paul mengatakan, yoghurt selain dapat mengurangi risiko penyakit jantung, juga mengandung antioksidan, vitamin, serat, dan probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan, pencernaan, dan kesehatan secara keseluruhan.

3. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Selain itu juga merupakan sumber potasium, yakni mineral yang mengendalikan tekanan darah. "Alpukat juga merupakan sumber vitamin C, serat, dan karotenoid. Karotenoid sering dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Alpukat telah terbukti membantu tubuh menyerap antioksidan lainnya saat dimakan dengan sayuran seperti bayam dan wortel," ucap ahli diet yang bermukim di Texas Bridget Swinney.

4. Havermut atau oatmeal

Oatmeal akan menjaga kesehatan jantung dan membantu Anda mempertahankan berat badan. Keduanya sangat penting dijaga, mengingat obesitas merupakan faktor risiko penyakit jantung, dan komplikasi terkait jantung. Ahli diet Bridget Swinney menyarankan agar Anda memulai hari dengan bersarapan semangkuk oatmeal. "Biji-bijian utuh akan membantu Anda makan lebih sedikit sehingga bisa mengendalikan berat badan. Oatmeal juga terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke," tutur Swinney menjelaskan.

5. Buah beri

Buah beri kaya akan kandungan antioksidan, dan ini merupakan pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Mengapa? Sebab buah beri meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat ,sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, buah yang rendah kalori dan bebas lemak ini mengandung nutrisi untuk menyokong pertumbuhan tulang, serta mampu mengubah lemak menjadi energi.
ROS
Share this Post:

Related Posts:

Our Partner