Official Website Sean Gelael and Formula 2 Livestream | Watch Formula 2 Live Here

News

Pentingnya Sarapan Bagi Atlet

Foto: Shutterstock
Jakarta: Semua orang tahu sarapan bermanfaat memberikan energi tubuh sebelum memulai aktivitas harian. Tak hanya orang biasa, atlet juga sangat dianjurkan makan pagi untuk menunjang pikiran dan tubuh yang kuat saat di lapangan. 

Selain itu, ada manfaat lain yang akan didapatkan seorang atlet ketika ia memulai hari dengan sarapan seperti dikutip Mysportsd.com.

1. Saat atlet tidur, metabolisme mereka melambat untuk mengembalikan stamina tubuh. Sarapan akan membantu melancarkan metabolisme dan membantu proses pembakaran pada tubuh serta otak, terutama jika akan berlatih pagi hari.

2. Makanan adalah bahan bakar. Setelah tidur malam, 'tangki bensin' seorang atlet dalam keadaan kosong, sehingga menyebabkan lesu dan lelah pada pagi hari. Sarapan akan menolong atlet untuk bertahan saat latihan dan permainan panjang.

3. Otak seorang atlet membutuhkan makanan agar bisa berfungsi dengan baik dan berpikir jernih. Otak akan berfungsi normal dengan 20 persen glukosa atau suplai makanan. 

Selain mengetahui manfaat sarapan, atlet juga harus memperhatikan makanan yang disantapnya. Sarapan yang sehat mencakup tiga nutrisi macronutrient yakni protein, lemak sehat, dan karbohidrat sebagai penguat energi. 

Sarapan dengan biji-bijian dan protein akan membuat kenyang lebih lama, serta memberikan energi lebih lama pula. Atau bisa juga mencoba resep sarapan dengan kombinasi oatmeal, telur, granola, smoothies, shake, roti, wafel, dan pancake. 

Di Amerika, pola makan yang disarankan adalah rendah protein pada pagi hari, dan lebih tinggi protein pada malam hari. Pola ini lebih bermanfaat bagi atlet untuk memaksimalkan penyerapan ke otot. 
ROS
Share this Post:

Related Posts:

Our Partner