ID
Sean Gelael

Sean Tak Diuntungkan dengan “Red Flag”

30 September 2017 12:18

Sepang, 30 September 2016 — Upaya pebalap muda Muhammad Sean Gelael untuk mendapatkan hasil bagus pada sesi kualifikasi GP2 di sirkuit Sepang, Malaysia, Jumat (30/9), tak berhasil. Pebalap tim Pertamina Campos Racing yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia ini tak diuntungkan dengan kibaran bendera merah atau “red flag” jelang sesi kualifikasi berakhir.

Pengawas balap memutuskan mengibarkan bendera merah setelah rekan setim Sean, Mitch Evans tergelincir dan menabrak pembatas lintasan pada tikungan di sector dua. Akibatnya, semua pebalap, termasuk Sean harus kembali masuk ke pit stop.

Kondisi ini tentu sangat tidak menguntungkan karena ban kembali dingin. Terlebih waktu sesi kualifikasi hanya tinggal tiga setengah menit sehingga sangat sulit bagi Sean dan pebalap lain mempertajam catatan waktu.

“Tentu sangat tak menguntungkan buat saya. Apalagi, scenario kami memang akan melakukan push setelah masuk pit stop. Sayangnya, saya harus kembali lagi ke pit stop dan tak cukup ideal untuk mempertajam catatan waktu,” kata Sean.

Sebelumnya, Sean sempat membuat catatan waktu satu menit 44, 087 detik. Torehan waktu itu belum lebih baik dari sebagian besar pebalap sehingga Sean hanya menempati posisi ke-20. Catatan waktunya hanya lebih bagus dari pebalap Indonesia lainnya, Philo Paz Patrick Armand. Philo yang membawa bendera tim Trident Racing mencetak waktu satu menit 44,578 detik.

Adapun Evans sempat membuat catatan waktu tercepat satu menit 43,606 detik. Dengan torehan waktu itu, Evans berada di posisi ke-16. Meski mengalami kecelakaan, Evans tidak mengalami cedera yang berarti. Pebalap asal Selandia Baru ini dipastikan tetap ikut balapan feature pada hari Sabtu ini.

Posisi start terdepan diambil pebalap Prema Racing Pierre Gasly. Pebalap asal Perancis ini mengukir catatan waktu tercepat satu menit 42, 181 detik. Tempat kedua diisi rekan setimnya, Antonio Giovinazzi. Pebalap yang juga didukung tim Jagonya Ayam KFC Indonesia ini menorehkan waktu tercepatnya satu menit 42, 263 detik.

Sesi kualifikasi di sirkuit Sepang berlangsung dalam kondisi cuaca yang sangat cerah. Awalnya semua berjalan normal, sebelum berakhir secara dramatis dengan insiden yang dialami Evans. Gasly membuat catatan waktu terbaiknya pada periode pertama sesi kualifikasi. Bagi Gasly ini merupakan pole positition yang keempat pada musim ini.

“Saya sangat menyukai sirkuit ini. Mudah-mudahan pada balapan nanti saya mendapatkan setelan mobil yang bagus sehingga saya bisa membalap maksimal. Tentu saya ingin bisa mendapatkan poin di sini. Kita lihat saja apa yang akan terjadi pada balapan nanti,” ujar Sean, yang pada awal tahun ini menjuarai Le Mans Asian Series di sirkuit Sepang bersama Antonio Giovinazzi.



SHR

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA