Official Website Sean Gelael and Formula 2 Livestream | Watch Formula 2 Live Here

News

Panduan Olahraga Lima Kali Seminggu

Foto: Shutterstock
Jakarta: Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga berat badan. Sebaiknya, berapa kali berolahraga dalam seminggu?

Dilansir Livestong.com, Centers for Disease Control and Preventions's (CDC) merekomendasikan berolahraga lima hari per minggu selama 150 menit dengan intensitas sedang. Dua di antara lima kali sesi olahraga tersebut, disarankan melatih kekuatan tubuh. 

Menjadwalkan olahraga lima hari dalam seminggu dapat membantu Anda mencapai tujuan kebugaran yang signifikan. Simak bagaimana Anda bisa berolahraga yang baik selama lima hari berturut-turut.

Rekomendasi

CDC merekomendasikan 150 menit kardio dengan intensitas sedang. Misalnya, jalan cepat, bersepeda di jalanan yang datar atau di seputar perkebunan. Dua sesi latihan kekuatan tubuh total harus dilakukan pada hari yang tidak berurutan, dan sebaiknya dilakukan pada akhir sesi kardio. Anda juga bisa melakukan latihan kardio selama 50 menit tiga kali seminggu, dan melatih kekuatan tubuh untuk 20-30 menit pada dua hari lainnya. Hal ini akan membantu membuat tubuh semakin bugar.

Berat badan

American College of Sport Medicine menyarankan bila Anda ingin menurunkan berat badan yakni dengan meningkatkan kardio dengan intensitas sedang. Paling tidak hingga 250 menit atau lebih per minggu, atau 50 menit pada setiap sesi. Anda juga masih harus menambahkan latihan kekuatan dua kali untuk membantu membentuk otot tanpa lemak, sehingga tubuh lebih sehat dan membantu menurunkan berat badan.

Intensitas

CDC juga menyampaikan bahwa Anda dapat memperoleh kesehatan yang baik dengan melakukan kardio selama 75 menit, seperti berlari atau lainnya bersamaan dengan dua kali latihan kekuatan per minggu. Bila Anda tak punya banyak waktu, silakan membaginya menjadi 15 menit per hari, selama lima kali per minggu. 

Tubuh bugar

Agar mendapatkan tubuh lebih bugar, lakukan kardio 300 atau 250 menit per minggu. Misalnya, maraton empat hari per minggu, dan istirahat satu atau dua hari. Anda juga bisa menghabiskan 30 hingga 180 menit berjalan. Berolahraga lima hari per minggu membantu Anda menyesuaikan diri dalam sesi latihan ekstra ini. Patut diperhatikan, jangan memaksakan diri dan istirahat yang cukup untuk memulihkan diri agar tubuh tetap bertenaga.
ROS
Share this Post:

Related Posts:

Our Partner