Official Website Sean Gelael and Formula 2 Livestream | Watch Formula 2 Live Here

News

Tips Membentuk Tubuh dengan Push Up

Foto: Shutterstock
Jakarta: Kebanyakan orang tidak mengetahui manfaat push up bagi tubuh. Pada umumnya, kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa push up untuk membentuk otot dada.

Padahal di balik gerakan yang sederhana, push up memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

1. Latihan dalam satu gerakan

Dikutip Ndtv.com, Push up salah satu gerakan latihan yang dapat bermanfaat untuk seluruh bagian tubuh. Saat melakukan push up, Anda memusatkan perhatian pada lengan, perut, dan tubuh bagian bawah Anda sekaligus pada saat bersamaan.

2. Menciptakan keseimbangan dan stabilitas 

Menurut David Nordmark, penulis buku Pushups for Everyone: Perfect Pushup Workout for Muscle Growth, Strength & Endurance, push up membantu memperbaiki reaksi Anda dengan melatih serat otot proprioseptif. Ini adalah saraf mikroskopis yang menjaga keseimbangan tubuh. Ketika rutin melakukan push up, maka saraf mikroskopis tubuh akan terlatih merespons stimulasi lebih cepat yang membantu keseimbangan dan kecepatan Anda.

3. Membangun Kepadatan Otot 

Seiring bertambahnya usia, otot mulai kehilangan kepadatan. Hal itu disebabkan tubuh mulai mengubah cara menggunakan dan membakar energi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kepadatan otot yaitu dengan melakukan push up. Menurut web Fitness Black & White, ada jumlah ideal push-up yang perlu Anda lakukan untuk membangun massa otot: 

- Dada, bahu dan triceps, 4 set 12-15 repetisi;
- Back and Biceps, 4 set 12-15 repetisi;
- Kaki dan Abs, 4 set 12-15 repetisi;

4. Membentuk tubuh bagian atas

Push up tidak hanya membentuk otot lengan. Menurut LaReine Chabut, push up membentuk otot tubuh bagian atas, yaitu dada, punggung, dan bahu. 

5. Memperkuat otot inti 

Push up menjadi salah satu cara paling ampuh untuk memperkuat otot inti, yaitu bagian perut, pinggang, sisi pinggang, sampai ke panggul. Otot inti yang kuat memungkinkan Anda melakukan aktivitas fisik dengan mudah, membantu mengatasi masalah punggung, dan menjaga postur tubuh.

ROS
Share this Post:

Related Posts:

Our Partner