ID
Olahraga ringan seperti jalan cepat atau joging dinilai memperpanjang kehidupan peserta selama tiga sampai tujuh tahun. Foto: Shutterstock

Ternyata, Berjalan Mampu Menunda Proses Penuaan

28 Februari 2018 11:00

Jakarta: Berjalan memang tidak seperti latihan lain pada umumnya. Namun, banyak manfaat yang diperoleh tubuh jika rutin melakukan latihan ini.

Dikutip fitness.mercola.com, manfaat pertama yang bisa diperoleh oleh tubuh dari berjalan yaitu memicu proses anti-penuaan, serta membantu memperbaiki DNA lama.

Berdasarkan penelitian yang dipresentasikan pada kongres European Society of Cardiology (ESC), anti penuaan terlihat pada 69 peserta yang berusia antara 30 dan 60 tahun. 

Olahraga ringan seperti jalan cepat atau joging, pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) dan latihan kekuatan dinilai memperpanjang kehidupan peserta selama tiga sampai tujuh tahun. Para peneliti pun merekomendasikan jalan 20 menit setiap hari untuk menuai manfaat ini.

"Kita mungkin tidak pernah bisa menghindari menjadi tua, tapi kita bisa menunda saat kita menjadi tua. Kita mungkin terlihat lebih muda saat berusia 70 tahun dan bisa hidup sampai tahun sembilan puluhan," kata penulis studi Sanjay Sharma, profesor penyakit jantung warisan di bidang kardiologi olahraga di Rumah Sakit St. George's University Hospital NHS Foundation Trust di London.

"Latihan (berjalan) dapat membuat panjang umur, yakni tiga sampai tujuh tahun. Ini adalah antidepresan, meningkatkan fungsi kognitif, dan sekarang ada bukti bahwa hal itu dapat menghambat timbulnya demensia," lanjut dia.

Studi lain juga menemukan, berjalan selama dua mil sehari atau lebih dapat mengurangi kemungkinan rawat inap bagi penderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Selain itu, berjalan sehari-hari mengurangi risiko stroke pada pria berusia di atas 60,9. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda disarankan berjalan selama satu atau dua jam.

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, berjalan juga sangat cocok untuk memperbaiki suasana hati. Sebab, berjalan memicu tubuh Anda untuk melepaskan endorfin penghilang rasa sakit alami.

Berjalan juga bisa menjadi solusi untuk memperbaiki tidur, mendukung kesehatan sendi, memperbaiki sirkulasi, dan mengurangi timbulnya kecacatan pada mereka yang berusia di atas 65 tahun. 

Tidak hanya itu, 11 penelitian juga menunjukkan bahwa berjalan selama 30 menit sehari dapat mengurangi risiko berbagai penyakit berbahaya, yaitu penyakit jantung koroner, osteoporosis, kanker payudara dan usus besar, serta risiko ketergantungan non-insulin diabetes tipe 2.

ROS

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA