News

Daftar Tim Formula 2 untuk Musim 2018

sean-gelael.com
Paris – Panitia penyelenggara FIA Formula 2 telah resmi merilis 11 tim yang akan berkompetisi di ajang F2 musim 2018. Ada tiga tim baru yang siap meramaikan persaingan musim depan.

Ketiga tim tersebut di antaranya; Carlin, Fortec Motorsport dan Charouz Racing System. Sementara itu, delapan tim lainnya adalah tim-tim yang sudah berkompetisi di musim 2017 seperti DAMS, Campos Racing dan tim juara musim ini Prema racing.

“Dengan bangga kami umumkan line-up tim untuk musim depan. Kami memutuskan untuk tetap loyal dengan mayoritas tim yang sudah mengenal dengan baik kejuaraan ini (F2) dan merupakan aset yang berharga bagi para pebalap muda,” ujar CEO FIA Formula 2 Bruno Michel.

“Kami menerima dengan tangan terbuka bergabungnya Carlin, Fortec dan Charouz ke grid. Mereka akan segera mencicipi atmosfer F2 pada awal 2018, yakni saat peluncuran mobil yang waktunya akan kami umumkan dalam beberapa pekan ke depan,” lanjutnya.

Lebih jauh, Michel menyatakan bahwa sebenarnya ada banyak tim baru yang mengajukan diri untuk bisa berpartisipasi pada kompetisi F2 2018. Namun, Michel menegaskan bahwa pihaknya hanya akan membuka satu tempat lagi untuk menggenapi jumlah tim menjadi 12.

“Kami masih membuka kemungkinan untuk menambah jumlah tim menjadi 12 dan kami akan menunggu hingga akhir tahun ini,” tandasnya.

Sekilas tentang tiga tim baru yang akan bertarung di F2 musim 2018, Carlin merupakan tim asal Inggris yang punya pengalaman memenangi berbagai kejuaraan bergengsi dan kerap mendorong pebalap muda menuju kesuksesan.

Sementara itu, Fortec Motorsport adalah tim yang dimiliki oleh mantan pebalap, Richard Dutton. Tim ini juga berasal dari Inggris yang sempat terlibat dalam enam kategori kejuaraan balap mobil dan sukses meraih 20 titel juara di kategori pebalap dan 12 titel di kategori tim.

Adapun, tim pendatang baru terakhir adalah Charouz Racing System. Tim ini berasal dari Republik Ceko yang didirikan oleh Antonin Charouz pada 1985. Charouz Racing tercatat sempat tampil di berbagai kejuaraan, salah satunya ajang balap ketahanan mobil, 24 hours Le Mans.

Ajang FIA Formula 2 merupakan “gerbang” terakhir bagi para pebalap muda untuk bisa mewujudkan mimpi tampil di ajang Formula 1. Sebab, level F2 persis berada di bawah F1. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pebalap jebolan F2 (dulu bernama GP2) yang tampil di F1. Bahkan sukses meraih prestasi besar, seperti Nico Rosberg dan Lewis Hamilton.

Indonesia sendiri memiliki satu wakil di ajang F2 musim depan. Ia adalah Sean Gelael yang di musim ini tergabung bersama Tim Pertamina Arden yang didukung penuh Jagonya Ayam KFC Indonesia.

 

Berikut daftar 11 tim peserta F2 2018:

1. Arden International (Inggris)
2. ART Grand Prix (Prancis)
3. Campos Racing (Spanyol)
4. Carlin (Inggris)
5. Charouz Racing System (Rep. Ceko)
6. DAMS (Prancis)
7. Fortec Motorsports (Inggris)
8. MP Motorsport (Belanda)
9. PREMA Racing (Italia)
10. Racing Engineering (Spanyol)
11. Trident (Italia)
12. Akan segera diumumkan
Share this Post:

Related Posts: