ID
Sean Gelael

H-21 Jelang 24 Hours of Le Mans: Sean Tempa Diri di Lintasan Favorit Lance Armstrong

21 Mei 2022 10:53

Legenda balap sepeda Amerika, Lance Armstrong adalah pemenang lomba kenamaan, Tour de France (TdF), tujuh kali tanpa putus dari 1999 sampai 2005. Walau kemudian semua titelnya dihapus gara-gara kasus doping, namun Armstrong tetaplah ikon balap sepeda dunia.

Ada satu keunikan dari Armstrong setiap kali dulu ingin tampil maksimal di TdF. Dia selalu berlatih di lintasan menanjak bernama Col de la Madone. Rutenya dari Cote d’Azur di selatan Prancis sampai area perbatasan dengan Italia, Menton. Panjang rute hampir 15 km dengan elevasi mencapai 920 m!

Saking terkenalnya tempat ini, pabrikan sepeda ternama, TREK, menjadikan salah satu modelnya dengan nama TREK MADONE.

Baca: 22 Hari Menuju 24 Hours of Le Mans: Circuit de la Sharte, Histori yang Tak Terusik

Sean Gelael tahun ini mencoba jalur tersebut. Dia ditemani pebalap Formula E asal Italia, Antonio “Anto” Giovinazzi, dan mantan pemenang 24 Hours of Le Mans asal Amerika, Gustavo Menezes. Bila Sean menempa diri di Madone dalam rangka bersiap menuju 24 Hours of Le Mans, Anto menuju Jakarta e-Prix pada Juni nanti.

"Rutenya sih edan ya. Tapi asyik banget buat latihan fisik sekaligus nyobain tempat terkenal itu," ujar Sean.



Sean, Anto, dan Menezes kemudian juga singgah ke San Remo, salah satu lokasi yang sedang dipakai untuk balap sepeda Italia, Giro d’Italia. Mereka diundang tim balap sepeda Astana Qazaqstan Team.

Baca: 23 Hari Menuju 24 Hours of Le Mans: 1 dari 3 Balapan Klasik

Sebelum di Madone, Sean juga menggenjot kebugarannya di Como, Italia. Dia ditemani Pierre Gasly yang akhir pekan ini balapan F1 di Spanyol bersama tim Alpha Tauri.

Tahun lalu sebelum tampil untuk kali pertama di 24 Hours of Le Mans, Sean Gelael bersama teman-temannya menempa diri di Ibiza, Spanyol. Waktu itu dia ditemani Tom Blomqvist, Stoffel Vandoorne, Norman Nato, dan Gasly.

Hasil tempaan di Ibiza itu membuahkan runner-up kelas LMP2 bersama tim JOTA #28. Tentu dengan gemblengan serupa hasil yang diraih Sean tahun ini diharapkan lebih baik lagi bersama WRT #31.

Baca: 24 Hari Menuju 24H of Le Mans, Kenapa Balapan Ini Begitu Melegenda?

Sang ayah, Ricardo Gelael, bersyukur Sean bisa berlatih fisik pada level tinggi bersama pebalap-pebalap top. "Tahun lalu terbukti training camp yang Sean lakukan memberikan efek besar di Le Mans. Saya berharap dengan variasi yang ia lakukan tahun ini hasilnya akan sama bagus atau bahkan lebih baik lagi. Dia memang serius menggenjot fisiknya," ujarnya. 

Race 24 Hours of Le Mans 2022 disiarkan langsung via youtube channel KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com pada 11 Juni, start pukul 21.00 WIB.

ACF

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA