ID
Aktor Hollywood Brad Pitt mendapat kehormatan untuk mengibarkan bendera start pada ajang 24Hours of Le Mans tahun 2016.

H-18 Jelang 24 Hours of Le Mans: Kerap Libatkan Pesohor, Brad Pitt Pernah Kibarkan Bendera Start

24 Mei 2022 14:23

Banyak aktor Hollywood yang juga penggila dan pengoleksi mobil balap. Namun seorang Brad Pitt berbeda, karena dia sangat menyukai negeri Prancis, plus seorang pegiat sosial.

Berbarengan dengan kehadiran kembali Ford di ajang Le Mans, aktor Amerika itu diberi kesempatan menjadi pengibar bendera start 24 Hours of Le Mans 2016.

Promotor Le Mans, Automobile Club de l'Ouest (ACO), memang punya tradisi unik yakni memberikan kesempatan kepada tokoh balap, aktor/sutradara, politisi, atau atlet dari cabang lain untuk memulai prosesi start.

Baca: H-19 Menuju 24 Hours of Le Mans: Mulsanne Straight, Lintasan Gila

Pengibaran bendera Prancis bertuliskan "24 LE MANS" menandai para pebalap dari semua kelas untuk memulai lomba dengan hitung mundur dari 24:00:00 menjadi 23:59:59 dan setetusnya. Biasanya, pengibaran dilakukan dari balkon starter.

Namun karena pada 2016 saat start lintasan basah sehingga tidak ada formation lap, Pitt menjalankan tugasnya langsung di tengah trek Circuit de la Sharte, menandai dimulainya hitung mundur race time.

Selain Pitt, tokoh-tokoh lain yang pernah melakukan prosesi start yang sudah menjadi tradisi sejak 1949 ini di antaranya adalah Steve McQueen (aktor film "Le Mans"), Alain Delon (aktor asal Prancis), Jean Todt (mantan Presiden FIA), Rafael Nadal (petenis, raja French Open), dan Fernando Alonso (juara dunia F1).

Baca juga: H-20 Menuju 24 Hours of Le Mans: Kala Sean Gelael Masih Dianggap Sebagai Reserve Driver AlphaTauri

Tahun ini yang mendapat kehormatan menjadi pengibar bendera start adalah CEO TotalEnergies, Patrick Pouyanne. ACO menilai tinggi dan menghargai hasil kerja keras perusahaan minyak Prancis itu sehingga semua mobil peserta FIA WEC diisi oleh bahan bakar yang 100% terbarukan.

WEC, bersama World Rally Championship (WRC), tahun ini menjadi pionir penggunaan bahan bakar ramah lingkungan pada sebuah kejuaraan dunia FIA.

Race 24 Hours of Le Mans 2022 akan disiarkan langsung via youtube channel KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com pada 11 Juni, start pukul 21.00 WIB.

ACF

Berita Lainnya

FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA